Wasir

Dibuat : Mar 6th, 2012 05:10:37 Author : Rahma
Wasir
wasir seringkali digambarkan sebagai bentuk varises dari anus dan rektum. Wasir akan membesar bahkan menonjol dan pembuluh darah yang terdapat di sekitar anus dan rektum yang lebih rendah. Biasanya penyakit ini diderita oleh orang setelah usia 30 tahun, namun tak jarang banyak penderita wasir dibawah usia 30 tahun. Hal ini dikaitkan dengan pola hidup dan makan yang salah dan tidak teratur.
Rata-rata orang yang menderita wasir menyepelekan wasir tanpa mengetahui resikonya dalam jangka waktu lama sebelum mencari perawatan medis.
 

Apakah penyebab wasir ?
Sampai sekarang Penyebab pasti wasir belum diketahui, namun penyebab yang sering ditemui karena postur tegak manusia yang memaksa banyak tekanan pada pembuluh darah dubur, yang kadang-kadang menyebabkan tonjolan pada anus. Selain itu wasir juga disebabkan karena faktor penuaan atau usia, sembelit parah atau diare, kehamilan, genetik atau keturunan, fungsi usus yang rusak karena penggunaan obat pencahar yang berlebihan atau terlalu sering, terlalu sering mengejan, faktor makanan, dll

Semua faktor terebut di atas membuat jaringan pembuluh meregang. Akibatnya, pembuluh melebar sehingga dinding jaringan pembuluh tersebut menipis dan akhirnya membuat dubur mengeluarkan darah. Jika peregangan dan tekanan atau pengejanan berlanjut maka pembuluh dubur akan menonjol.

Gejala wasir
Jika anda mengalami salah satu dari faktor di bawah ini, Anda bisa saja memiliki wasir:
• Pendarahan melalui dubur saat bab
• Penonjolan pada dubur saat bab
• Gatal pada daerah dubur
• Nyeri pada daerah dubur

Cara mengatasi wasir

Gejala wasir ringan bisa sembuh dengan meningkatkan jumlah serat (misalnya, buah-buahan, sayuran dll) dan juga cairan dalam makanan. Hindari mengejan berlebihan agar dapat mengurangi tekanan pada wasir dan membantu mencegah dubur menonjol. Mandi dan berendam dalam air hangat  selama 10 menit - juga dapat membuat wasir mereda.

Artikel Terkait