Waspadai Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Dibuat : Sep 24th, 2011 18:37:21 Author : Rahma
Waspadai Tanda Bahaya Pada Kehamilan
Ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran dini (prematur) yang membahayakan ibu dan bayi dalam kandungan. Tanda – tanda tersebut perlu diwaspadai oleh ibu hamil maupun keluarga di sekitar. Hal ini agar dapat cepat menanggulangi hal yang tidak diinginkan terjadi.

Berikut beberapa tanda bahaya itu yang harus ibu waspadai

1. Perdarahan pada hamil muda dalam dua bulan pertama kehamilan


Perdarahan berat dan sakit parah di panggul, biasanya dalam dua bulan pertama kehamilan, dapat mengindikasikan kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika implan telur dibuahi di tuba falopi daripada membuat jalan ke rahim di mana ia memiliki ruang untuk tumbuh dan berkembang. Jika tidak terdeteksi dan diobati segera, maka dapat mengakibatkan kematian, menurut American Pregnancy Association.

2. Bengkak di kaki, tangan, atau wajah disertai sakit kepala dan atau kejang.

Kaki dan tangan dapat membusungkan sedikit setelah latihan, tetapi jika Anda melihat betis nyeri atau bengkak, bisa menunjukkan thrombophlebitis, jenis peradangan vena yang berhubungan dengan gumpalan darah, menurut American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG).

Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda: jika bengkak tidak berkurang dalam waktu satu jam setelah pendinginan.


3. Demam atau panas tinggi


Sebuah demam di atas 100 derajat yang tidak mereda harus ditangani dengan cepat atau bisa mengakibatkan kerusakan otak pada bayi atau kelainan janin lainnya.

4. Air ketuban keluar sebelum waktunya

Sebuah kebocoran persisten atau tiba-tiba menyembur cairan dari vagina biasanya menunjukkan bahwa Anda kehilangan cairan ketuban. Bagi wanita yang tidak penuh panjang, kerugian membatasi pertumbuhan janin dan memerlukan perhatian medis segera.

5. Bayi di kandungan gerakannya berkurang atau tidak bergerak

Waspadai jika pergerakan bayi berkurang dari biasanya. Apalagi bayi yang tidak bergerak dalam jangka waktu yang sangat lama. Segera kunjungi dokter atau bidan anda.

6. Muntah terus hingga tidak mau makan

Ini sangat umum untuk mengalami mual beberapa saat Anda sedang hamil. Jika itu sampai ke menjadi parah, yang mungkin lebih serius.

"Jika Anda tidak bisa makan atau minum apa pun, Anda menjalankan risiko dehidrasi," kata Bernstein. Jika Anda menjadi kekurangan gizi dan dehidrasi, yang dapat membahayakan bayi Anda.

Jika Anda mengalami mual, memberitahu penyedia layanan kesehatan Anda. Obat-obatan dapat membantu, dan dokter Anda mungkin juga menyarankan mengubah diet Anda.

7. jantung berdebar-debar

Jika Anda tidak dapat mengikuti sisi percakapan atau Anda berkeringat ember sambil berolahraga, Anda mungkin bekerja terlalu keras.

Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda: jika hati Anda terus berpacu setelah Anda mendingin.

Dan masalah lain pada kehamilan yang musti diwaspadai juga antara lain:

1. Batuk yang terlalu lama

2.Lemah

3.Jantung berdebar-debar

4.Gatal-gatal pada kemaluan

5.Keluar keputihan

Jika beberapa masalah diatas menimpa ibu hamil, segeralah periksakan ke dokter didampingi suami atau keluarga.

Terakhir disunting : Dec 17th, 2012 23:49:09

Artikel Terkait